I just a new blogger.
I'll post everything that I like =D, and I hope you will like it too.
Thanks for visiting my blog ^^

Rabu, 21 Agustus 2013

Mata, si Kembar yang Paling Dibutuhkan Manusia


Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Hal paling sederhana yang dilakukan oleh mata adalah mengetahui apakah lingkungan di sekitarnya gelap atau tidak. Fungsi mata yang lebih kompleks adalah untuk memberikan pengertian visual. Begitu katanya mas Wiki ^^


Selama ini mungkin readers tahunya kalau mata kitalah yang melihat segala. Apa itu benar? Tidak, itu sebenarnya fitnah :p. Yang melihat segalanya sebenarnya adalah otak kita. Mata hanya digunakan untuk mengumpulkan informasi. Setelah informasi di dapat, maka semua informasi itu akan ke otak melalui saraf optik. Di otak, informasi-informasi tadi dianalisis dan Wuussss! seketika kalian bisa melihat benda dalam bentuk jadinya. Kecepatan pergerakan informasi pada saraf kita memang sangat-sangat mengagumkan. Belum ada satupun prosesor yang bisa mengalahkan kecepatan otak kita.

Eits, tapi bukan berarti mata kita tidak penting. Mata kita itu sangat penting lho. Kalau tidak ada yang mengumpulkan informasi, mana mungkin Otak kita bisa melihat. Selain itu, ada lagi fungsi mata selain mengumpulkan informasi. Hayooo! tahu nggak? Nih biar ku kasih tahu apa saja fungsi Mata itu.


Pertama, mata digunakan untuk meluapkan emosi, perasaan, dan kegalauan. Haha.. Pernah denger nggak kata-kata ini di film atau sinetron : "Jangan bohong, Matamu mengatakan semuanya" ? Pasti pernah toh? Kalau lagi sedih, terharu atau galau, maka kita akan menangis. Kalau senang, mata kita centerung naik. Kalau tertawa, mata kita menyipit. Kalau marah, mata kita melebar. Bukankah dengan semua tanda itu, tanpa bicarapun, teman kita bisa tahu bagaimana perasaan kita saat itu? Tapi nggak tahu lagi kalau temen readers kurang sensitive.


Kedua, mempercantik atau memperganteng diri. Singkatnya sebagai penunjang penampilan. Kan ada lagunya "Mata yang paling indah, hanya Matamu. Binar yang paling indah, dari matamu~~". Bahkan untuk memperindah mata, banyak yang rela menghabiskan uang mereka untuk membeli softlens. Pertanyaannya, Apa softlens itu baik untuk mata? Itu semua tergantung pada cara kita memilih softlens. Lets see how to choice softlens.

  1. Konsultasikan dulu ke dokter mata sebelum readers memutuskan untuk memakai softlens. Readers, setiap mata itu punya tingkat sensitive yang berbeda. Ada beberapa mata yang terlalu sensitive, sehingga setiap benda asing yang masuk ke mata mereka akan menjadi ancaman besar. Ada lagi mata yang plus atau minus, itu juga membutuhkan softlens khusus yang tidak bisa dibeli kalau tidak pada dokter mata.
  2. Pilihlah softlens dengan kadar air tingggi (sampai 40%). Hal itu bisa mencegah iritasi akibat mata yang kering.
  3. Perhatikan masa pakai softlens. Masa pakai softlens biasanya antara 6 sampai 12 bulan. Kalau softlens tetap dipakai maka softlens akan terasa lengket, dan bisa saja partikel yang ada pada softlens menempel di mata. Tapi readers, kalau softlens sudah terasa lengket walau masa pakainya belum habis, lebih baik dibuang saja.
  4. Perhatikan kelengkungan softlens. Sesuaikan kelengkungan softlens dengan besar mata readers. Supaya bisa pas gitulah.
  5. Pilih motif softlens yang sesuai dengan kepribadian kita. Jangan pilih motif softlens yang dipakai sama temen readers. Karena, belum tentu motif softlens yang dipakai teman readers belum tentu cocok dengan kita.
Kalau readers nggak punya uang buat beli softlens, masih ada kok cara lain supaya kelihatan cantik. Seperti penambahan bulu mata atau mascara, lalu panambahan eyeshadow, dan yang terakir penambahan eyeliner. Cara lama seperti ini justru lebih aman daripada memakai softlens. Tapi kalau cara lama ini tidak sesuai dengan kepribadian readers, jangan dipaksa. Semua perempuan itu tetap cantik kok kalaupun nggak dandan, laki-laki juga demikian, mereka akan tetap terlihat tampan.


Yang terakhir guna mata adalah sebagai penunjang pekerjaan. Ada beberapa pekerjaan yang tidak menerima orang-orang dengan cacat mata, seperti plus, minus, astiigmatis, dan lain sebegainya. Untuk itu kita harus bisa menjaga kesehatan mata dengan baik. Berikut cara menjaga kesehatan mata dengan baik.

  1. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua
  2. Mengonsumsi antioksidan
  3. Mengonsumsi asam lemak omega-3
  4. Mengonsumsi Wortel
  5. Mrnggunakan kaca mata gelap
  6. Melakukan olahraga
  7. mengonsumsi multivitamin

Lalu, bagaimana dengan mata yang terlanjur cacat minus, plus, atau yang lainnya? Apa bisa sembuh? Saya belum tahu pasti apa bisa cacat mata bisa sembuh dengan cara alami. Tapi readers, masih ada kok yang namanya oprasi lasik. Memang tidak semua mata bisa di oprasi lasik, tapi tidak ada salahnya kalau mau mencoba. Pasti udah mikir nih tentang berapa harganya :p. Harganya relatif, tergantung dengan apa saja yang dikeluhkan oleh pasien, dan biasanya memang mahal. Kalau readers nggak ada uang, lebih baik pakai kacamata saja. Usahakan jangan lepas kacamata readers. Atau kalau tidak suka dengan kacamata, readers bisa pakai hard lens, seperti softlens namun lebih aman daripada softlens. Masa pakainya hanya sehari dan harganya tentu jauh lebih mahal daripada kacamata atau softlens. Readers mau pilih yang mana?

Ok, cukup sekian, semoga bermanfaat. Keep healty ^^



0 komentar :

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates