I just a new blogger.
I'll post everything that I like =D, and I hope you will like it too.
Thanks for visiting my blog ^^

Sabtu, 24 Agustus 2013

Siapakah Vincent Van Gogh itu?



Vincent Van Gogh, pernah denger nggak? Vincent adalah pelukis terkenal di Eropa, tapi tidak banyak pemuda Indonesia yang tahu tentang Vincent Van Gogh, kecuali kalau mereka suka melukis. Termasuk aku, aku saja kenal Vincent ini dari Drama korea "Flower Boy Next Door", hehe :p. Awalnya ngeri sih liat lukisannya, tapi ternyata memang seperti itulah yang Vincent Van Gogh rasakan saat melukis semua lukisannya. Dan pada akhirnya saya jatuh cinta dengan lukisannya, Haha.

Vincent Van Gogh lahir pada tanggal 30 Maret 1853 di Zundert, Belanda. Pekerjaannya itu banyak sekali, readers. Dia pernah jadi guru, pendeta, dan bekerja di sebuah Galeri seni. Dan satu-satunya orang yang sangat disayanginya adalah Theo Van Gogh, adiknya sendiri. Adiknya itulah yang selalu menjadi sumber semangatnya seumur hidupnya.

Seperti lukisannya, Vincent bukanlah orang yang periang. Dia pemuram, dan bertempramental. Itu disebabkan dari banyaknya kisah hidupnya yang juga suram, mulai dari kisah cintanya yang tiga kali gagal, ayahnya yang meninggal di saat yang tidak tepat, dan sering dianggap gila. Saya yakin Vincent Van Gogh tidak gila, karena Albert Einstein pun juga demikian. Banyak sekali orang-orang jenius yang dianggap gila.

Kalau membicarakan soal kisah hidupnya, pasti akan panjang sekali. Jadi saya mau share faktanya saja, saya yakin itu bisa mewakili kisah hidupnya.

1. Jatuh cinta dengan anak gadis majikannya di kota Den Haag.

Nampaknya Vincent Van Gogh memiliki kecenderungan untuk para wanita. Salah satu pekerjaan pertamanya adalah di sebuah kantor di Kota Den Haag, ia bekerja di sini selama lebih dari empat tahun sampai dia jatuh cinta dengan putri majikannya dan kemudian dipecat dari perusahaan. Semua kisah cintanya selalu berakhir dengan penolakan berat seperti ini. Kasihan, ya, readers.


2. Selamanya dia mencari kebahagiaan.
Vincent adalah seorang pria memiliki gagasan bahwa kebahagiaan adalah segalanya yang dibutuhkan di dunia ini. Tidak ada seorang pun yang bersilang pendapat dengannya, dan  kenyataannya dia selamanya mengejar kebahagiaan itu, namun pada akhirnya tidak mendapatkannya. Keinginan akan kebahagiaan ini dapat terlihat dalam semua upaya artistiknya.

3. Dia menderita dari skizofrenia dan masalah kesehatan mental lainnya.
Ini yang membuat Vincent seperti gila. Gangguan ini membuatnya merasa depresi. Dia sendiri yang memustuskan untuk pergi ke rumah sakit jiwa. Dengan begitu dia berharap dia tidak lagi menyusahkan adiknya Theo untuk masalah biaya hidupnya. 

4. Dia mencintai kesenian Jepang

Van Gogh terpesona kebudayaan Jepang dan menunjukkannya dalam banyak lukisannya dengan bunga sakura dan ikon kesenian Jepang lainnya. Beberapa karya terbaiknya bertema Jepang.


5. Dia mencintai adiknya Theo Van Gogh.
Tidak bisa dipungkiri, cinta Vincent untuk adiknya Theo, sangat besar. Readers, itu semua disebabkan oleh Theo sendiri. Theo juga terlewat sayang kepada sang kakak. Disaat semua saudara Vincent menjauhinya karena penyakitnya, hanya Theo yang tetap menemaninya. Hampir semua suratnya dikirimkan kepada Theo. Vincent juga hampir saja berhenti melukis kalau Theo tidak ada disampingnya untuk terus menyemangatinya. Vincent sering berbicara tentang Theo  kalau  adiknya itu ribuan kali lebih baik darinya. Kalimat terakhir pada surat terkahir yang dikirim pada adiknya bertuliskan "Aku ingin sekali menggandeng tanganmu". Saat itu, Vincent sedang di rumah sakit dan susah sekali untuk bertemu dengan Adiknya.

6. Dia hanya menjual satu lukisan seumur hidupnya.

Vincent menciptakan 2.000 karya seni, 900 lukisan dan 1100 sketsa dan gambar pensil. Dari seluruh karya-karya besarnya, hanya satu yang terjual semasa hidupnya.



7. Adik iparnyalah yang sebenarnya bertanggung jawab atas popularitasnya hari ini.

Enam bulan setelah Vincent meninggal, Theo meninggal,  istrinya Johanna mengabdikan sisa hidupnya untuk membuat Vincent mendapat pengakuan dunia karena merasa kakak iparnya benar-benar layak untuk itu. Jika bukan karena usahanya, mungkin kemahiran Vincent tidak akan diketahui dunia.

Ini adalah contoh-contoh lukisan-lukisan Vincent Van Gogh yang kusuka ^^, klik gambar kalau mau lihat lukisannya lebih jelas. untuk llihat lebih banyak lukisan dari Vincent Van Gogh klik disini



The Starry night
Almond Blossom
The White Orchid
 photo Van_gogh_irises.jpg
Irises
Wheatfield
Sumber : Lukisan info

0 komentar :

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates